Parenting

Perhatikan Anak di Era Digital yang Semakin Berkembang

Perhatikan Anak di Era Digital yang Semakin Berkembang

Wanitapedia – Era digital telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pola asuh anak. Teknologi digital telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak, mulai dari cara mereka belajar, bermain, hingga berkomunikasi.

Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk memahami cara parenting di era digital agar dapat mendampingi anak-anak mereka secara optimal. Berikut adalah 7 tips parenting di era digital:

  1. Kenali teknologi yang digunakan anak

Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah mengenal teknologi yang digunakan anak. Pastikan orang tua mengetahui jenis perangkat digital yang digunakan anak, aplikasi apa saja yang mereka gunakan, dan bagaimana mereka menggunakannya.

  1. Atur batas penggunaan teknologi

Orang tua perlu mengatur batas penggunaan teknologi untuk anak-anak. Batas penggunaan ini dapat berupa durasi penggunaan, waktu penggunaan, atau jenis konten yang boleh diakses.

  1. Jadilah role model

Anak-anak akan belajar dari apa yang mereka lihat. Oleh karena itu, orang tua perlu menjadi role model yang baik dalam menggunakan teknologi. Pastikan orang tua menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab.

  1. Bicaralah dengan anak

Orang tua perlu berbicara dengan anak tentang penggunaan teknologi. Bicaralah tentang manfaat dan risiko penggunaan teknologi, serta bagaimana anak dapat menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab.

  1. Berikan pendampingan

Orang tua perlu mendampingi anak saat mereka menggunakan teknologi. Pendampingan ini dapat berupa membantu anak dalam memilih konten yang sesuai, mengajarkan anak tentang cara menggunakan teknologi secara aman, dan mengawasi anak saat mereka menggunakan teknologi.

  1. Fasilitasi anak untuk menggunakan teknologi secara positif

Orang tua dapat memfasilitasi anak untuk menggunakan teknologi secara positif. Misalnya, dengan mendorong anak untuk menggunakan teknologi untuk belajar, berkreasi, atau berkomunikasi dengan teman-teman.

  1. Bersikaplah terbuka

Orang tua perlu bersikap terbuka terhadap anak tentang penggunaan teknologi. Pahami bahwa anak-anak akan selalu tertarik untuk mencoba hal-hal baru, termasuk teknologi. Oleh karena itu, orang tua perlu bersikap terbuka dan siap untuk berdiskusi dengan anak tentang penggunaan teknologi.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan tips parenting di era digital:

  • Kenali teknologi yang digunakan anak

Orang tua dapat menanyakan kepada anak tentang jenis perangkat digital yang mereka gunakan, aplikasi apa saja yang mereka gunakan, dan bagaimana mereka menggunakannya. Orang tua juga dapat melihat langsung perangkat digital yang digunakan anak.

  • Atur batas penggunaan teknologi

Orang tua dapat menetapkan aturan tentang durasi penggunaan teknologi, waktu penggunaan, atau jenis konten yang boleh diakses. Misalnya, anak hanya boleh menggunakan teknologi selama 2 jam per hari, hanya boleh menggunakan teknologi pada jam-jam tertentu, atau hanya boleh mengakses konten yang sesuai dengan usia.

  • Jadilah role model

Orang tua dapat menunjukkan kepada anak bagaimana menggunakan teknologi secara bijak. Misalnya, orang tua dapat menggunakan teknologi untuk belajar, bekerja, atau berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

  • Bicaralah dengan anak

Orang tua dapat berbicara dengan anak tentang manfaat dan risiko penggunaan teknologi. Orang tua juga dapat mengajarkan kepada anak tentang cara menggunakan teknologi secara aman, misalnya dengan tidak memberikan informasi pribadi kepada orang asing, tidak membuka tautan atau aplikasi yang tidak dikenal, dan tidak mengunggah foto atau video yang tidak pantas.

  • Berikan pendampingan

Orang tua dapat mendampingi anak saat mereka menggunakan teknologi. Misalnya, orang tua dapat membantu anak dalam memilih konten yang sesuai, mengajarkan kepada anak tentang cara menggunakan teknologi secara aman, dan mengawasi anak saat mereka menggunakan teknologi.

  • Fasilitasi anak untuk menggunakan teknologi secara positif

Orang tua dapat memfasilitasi anak untuk menggunakan teknologi secara positif. Misalnya, orang tua dapat mendorong anak untuk menggunakan teknologi untuk belajar, berkreasi, atau berkomunikasi dengan teman-teman.

  • Bersikaplah terbuka

Orang tua perlu bersikap terbuka terhadap anak tentang penggunaan teknologi. Orang tua dapat mendengarkan pendapat anak tentang teknologi dan berdiskusi dengan anak tentang cara menggunakan teknologi secara bijak.

Dengan menerapkan tips parenting di era digital, orang tua dapat mendampingi anak-anak mereka secara optimal dan membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang secara sehat.

Avatar

Femalepedia

About Author

You may also like

Pentingnya Ibu Muda Dalam Memahami Ilmu Parenting
Parenting

Pentingnya Ibu Muda Dalam Memahami Ilmu Parenting

Jadi orangtua yang bagus di zaman millenial ini tidaklah cukup cukup dengan melahirkan dan memberikan nafkah anak secara materi saja.
Cara Tanamkan Sifat Sportif Pada Anak Sejak Kecil
Parenting

Cara Tanamkan Sifat Sportivitas Pada Anak Sejak Dini

Mam dan dads, ada beragam karakter baik yang penting dimasukkan pada anak semenjak dia berumur awal